Jumat, 09 Maret 2012

Kenaikan Harga BBM

Pertanggal 1 April 2012, rencananya pemerintah akan menaikkan harga BBM bersubsidi berjenis solar dan premium sebesar Rp 1.500 per liternya. Sehingga harga Premium yang tadinya Rp 4.500 menjadi Rp 6.000 per liter nantinya. Yang mana alasan pemerintah adalah katanya untuk menyelamatkan APBN. Dengan adanya kebijakan tersebut terjadi pro dan kontra dimasyarakat. Ditengah pro dan kontra tentang kebijakan kenaikan harga BBM ini, yang jelas dampaknya telah dirasakan oleh rakyat kecil seperti saya dan juga mungkin oleh masyarakat kecil lainnya.
Kebutuhan pokok sudah mulai naik padahal kenaikan harga BBM masih sekitar 3 mingguan lagi. Saya pun sebagai pengguna premium akan ikut terkena dampaknya juga. Isteri saya sudah mulai harus pinter-pinter mengatur pengeluaran untuk belanja harian dan bulanan kedepannya. Dan saya pun sebagai suami harus pinter-pinter juga mengatur rencana untuk pemakaian kendaraan. Mungkin yang biasanya saya dan isteri setiap weekend sering jalan keluar pakai kendaraan dikurangi menjadi 2 minggu atau 1 bulan sekali. Ya supaya irit juga untuk penggunaan BBM. Maklum kami berdua hanya karyawan swasta biasa yang berpenghasilan 5 lebih. Maksudnya lebih dari tanggal 5 udah bingung mau belanja pakai apa?(akibat uang udah tiris)hehehehehe.....Jadi ya harus pinter ngatur pengeluarannya.

Sangat miris melihat di TV dimana para nelayan tidak bisa melaut karena biaya untuk BBM yang mereka keluarkan tidak sebanding dengan pendapatan dari hasil menangkap ikan. Belum lagi ada oknum yang memanfaatkan situasi tersebut untuk menimbun BBM dirumah. Dipasar ada juga oknum yang menjual daging gelondongan ditengah daya beli masyarakat yang mulai rendah akibat akan dinaikkannya harga BBM. Dengan pendapatan yang sama tetapi pengeluaran yang bertambah menjadikan mereka harus memilih produk makanan dengan harga yang relatif murah tanpa mengindahkan segi kualitasnya.

Yang terpenting bagi saya dari kebijakan Kenaikan BBM adalah semoga Pemerintah tidak salah dalam hal mengambil kebijakan menaikkan harga BBM ini dan betul-betul kebijakan tersebut adalah untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat pada akhirnya.



Salam,
one.ridh3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar