Selasa, 13 Maret 2012

Premanisme

Apakah yang terlintas dalam benak anda jika mendengar kata preman? Kata Preman mungkin sering kita dengar dan biasanya indentik dengan aksi kekerasan baik itu secara perorangan maupun kelompok. Preman adalah orangnya sedang premanisme adalah perbuatannya. Kata Preman berasal dari kata Freeman, Free artinya bebas, man artinya orang/Seseorang. Free man berarti orang yang hidup bebas, merdeka dan mandiri. Premanisme adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang/sekelompok preman untuk mencapai maksud atau tujuan tertentu.

Belum lama ini aksi premanisme terjadi didaerah saya. Hanya karena kesalahpahaman aksi premanisme itupun terjadi. Kebetulan yang menjadi korban adalah teman saya. Sangat miris melihat keadaan temen saya yang menjadi korban aksi premanisme ini. Sebetulnya hal tersebut tidak perlu terjadi andai saja setiap masalah dihadapi dengan kepala dingin dan kekeluargaan. Mungkin karena pola hidup manusia sekarang yang serba acuh tak acuh dan individualisme, menjadikan nilai kerukunan dan kekeluargaan yang diajarkan oleh nenek moyang kita terabaikan. Dan terkadang membawa nama suku tertentu untuk dijadikan alat aksi premanisme ini. Merasa kuat dan punya power lebih mungkin itu yang menjadikan mereka melakukan aksi premanisme ini.

Padahal mereka tidak sadar, bahwasannya setiap tindakan kekerasan yang mereka lakukan akan berhadapan dengan hukum nantinya. Walau terkadang memang hukum itu sendiri berpihak pada preman itu sendiri karena pengaruh kekuasaan dan uang. Sehingga menjadikan hukum itu bisa dibeli. Tetapi saya masih punya harapan yang besar bahwasannya disamping polisi yang kotor masih banyak polisi yang baik yang memang benar-benar ingin menegakkan hukum dimasyarakat.

Pada akhirnya saya berharap aksi premanisme ini tak akan terjadi lagi dan setiap masalah yang ada untuk diselesaikan secara kekeluargaan. Dan juga tentunya aparat negara khususnya aparat dilapangan dalam hal ini polisi bisa menegakkan hukum seadil-adilnya dan meminimalisir setiap aksi premanisme.


Salam,
one.ridh3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar